Pembelajaran 3 Tema 5 Subtema 2 Pahlawanku Kebanggaanku


Pada Pembelajaran 3 Tema 5 Subtema 2 Pahlawanku Kebanggaanku akan mempelajari tentang menjelaskan dan mempraktekkan langkah penanganan luka lepuh dengan tepat. Setelah melakukan percobaan tentang lup, siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar. Setelah melakukan percobaan tentang lup, siswa mampu menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar. Setelah membaca teks tentang Sultan Agung, siswa mampu menambah informasi atas pengetahuan yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui dengan benar. Setelah menambah informasi yang sudah dan ingin diketahui lebih lanjut, siswa mampu mempresentasikannya melalui bahasa lisan dan tulisan. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Kamu sudah belajar tentang memar. Sekarang kamu akan belajar tentang  cedera luka dan lepuh. Kamu akan dapat menolong teman atau mereka yang  membutuhkan.

Ayo Berlatih
Perhatikan gambar berikut. Jika terjadi cedera luka dan melepuh, apa yang  harus dilakukan? Diskusikan!
Luka Lepuh
Apa yang harus dilakukan?
Cedera Luka
  1. Bersihkan bagian tubuh yang terluka dengan sabun antiseptik.
  2. Tekan perlahan bagian luka dengan perban atau kain bersih.
  3. Olesi bagian luka dengan krem antiseptik.

Lepuh
  1. Dinginkan bagian tubuh yang lepuh dengan air bersih.
  2. Bersihkan dan keringkan bagian yang lepuh.
  3. Balut longgar bagian tersebut dengan perban.
  4. Jangan mengompres luka lepuh dengan es karena dapat merusak  kulit dan memperburuk cedera.

Ayo Mencoba
Selain membantu orang lain, kerja sama adalah hal baik yang harus kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kini saatnya kamu dan temanmu bekerja sama untuk membuat lup (kaca pembesar). Kaca pembesar ini dapat digunakan untuk membantu melihat objek yang sangat kecil, misalnya untuk membantu  pekerjaan tukang jam.

Cara Membuat Lup (Kaca Pembesar) Sederhana

A. Alat dan bahan:
  1. Kantong plastik bening atau botol bening dengan permukaan rata
  2. Air
  3. Kertas dengan tulisan-tulisan yang kecil
Lup Sederhana
B. Langkah kerja:
  1. Isi kantong plastik dengan air.
  2. Ikat kantong plastik.
  3. Letakkan kertas di bawah kantong plastik.
  4. Bandingkan tulisan asli dengan tulisan yang terlihat dari plastik.
  5. Ulangi dengan kantong plastik berukuran seperlima kali lebih besar atau lebih kecil.
  6. Bandingkan hasilnya

Apa perbedaan antara tulisan asli dan tulisan yang terlihat dari plastik?
Tulisan asli ukurannya sama, sedangkan tulisan yang dilihat dari plastik lebih besar dan lebih jelas.

Mengapa hal itu bisa terjadi?
Salah satu sifat cahaya adalah dibiaskan apabila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat (udara) ke zat yang lebih rapat (air), cahaya akan dibiaskan mendekati garis normal.

Apa kesimpulan yang  dapat kamu temukan  dari percobaan ini?
Melihat benda kecil dengan menggunakan mikroskop atau lup membuktikan adanya pembiasan cahaya.

Buatlah laporan percobaanmu pada tabel yang telah disediakan
Nama percobaan:Percobaan Pembuatan Lup Sederhana
Tujuan percobaan:Membuktikan cahaya dapat dibiaskan
Alat-alat yang dibutuhkan:
  1. Kantong plastik bening atau botol bening dengan permukaan rata
  2. Air
Kertas dengan tulisan-tulisan yang kecil
Langkah kerja:
  1. Isi kantong plastik dengan air.
  2. Ikat kantong plastik.
  3. Letakkan kertas di bawah kantong plastik.
  4. Bandingkan tulisan asli dengan tulisan yang terlihat dari plastik.
  5. Ulangi dengan kantong plastik 1/5 lebih besar atau lebih kecil.
  6. Bandingkan hasilnya.
KesimpulanDari hasil percobaan membuktikan melihat benda kecil dengan menggunakan mikroskop atau lup membuktikan pembiasan cahaya

Ayo Menulis
Sultan AGung Sultan Besar
Sultan Agung adalah salah satu Raja terkenal yang hidup dimasa Islam. Ia adalah Raja Mataram. Sultan Agung memerintah di tahun 1613-1645. Di bawah kepemimpinannya, Mataram berkembang menjadi kerajaan terbesar di Jawa dan Nusantara pada saat itu.
Sultan AGung
Selain dikenal gigih melawan Belanda, Sultan Agung juga diketahui sebagai budayawan. Sultan Agung menaruh perhatian besar pada kebudayaan Mataram. Beliau memadukan kalender Hijriyah yang dipakai di pesisir Utara dengan kalender Saka yang masih dipakai di pedalamanan. Sultan Agung juga dikenal sebagai penulis naskah Sastra Gending.

Sultan Agung menetapkan bahasa Bagongan sebagai Bahasa yang harus digunakan oleh bangsawan dan pejabat di lingkungan keraton untuk menghilangkan kesenjangan.

Perhatikan tabel berikut. Isilah kolom sebelah kiri. Kamu bisa mengisinya berdasarkan teks yang kamu baca atau dari pengetahuanmu sebelumnya. Isilah kolom di sebelah kanan.
Apa yang kamu ketahui tentang Sultan Agung?Apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang Sultan Agung?
Sultan Agung adalah salah satu Raja terkenal yang hidup dimasa Islam. Ia adalah Raja Mataram yang berkuasa dari tahun 1613-1645.
  1. Di mana Sultan Agung dilahirkan?
  2. Kapan Sultan Agung memerintah Kerajaan Mataram?
  3. Apa saja keberhasilan Sultan Agung di Mataram?
  4. Mengapa Sultan Agung diangkat menjadi pahlawan nasional?

Kamu bisa melengkapi kolom di sebelah kanan,dengan bertanya kepada guru, membaca buku di perpustakaan atau bertanya kepada orang tuamu. Tuangkan isi tabelmu ke dalam tulisan.

Tulisanmu harus memuat tokoh, tempat, waktu dan hubungan ketiganya. Pergunakanlah ejaan yang benar. Kumpulkan tulisanmu kepada gurumu!
Sultan Agung Adi Prabu Hanyakrakusumo dilahirkan di Kotagede, Kesultanan Mataram pada tahun 1593, beliau meninggal di Karta (Plered Bantul, Kesultanan Mataram) pada tahun 1645. Beliau merupakan Sultan ke tiga Kesultanan Mataram yang memerintah pada tahun 1613-1645. Di bawah kepemimpinannya. Mataram berkembang menjadi  kerajaan terbesar di Jawa dan Nusantara. 

Sultan Agung terkenal atas perlawanannya terhadap VOC. Beberapa nilai yang dapat dipetik dari perlawanan Sultan Agung terhadap VOC adalah:
  1. Berani mengambil resiko, dengan menolak kerja sama yang ditawarkan oleh VOC
  2. Nasionalisme, yang tidak rela melihat bangsanya diatur-atur bangsa asing yaitu VOC dengan monopoli perdagangannya. Beliau menyerang VOC di Batavia untuk mengusir bangsa asing yang ingin menjajah tanah airnya.
  3. Pantang menyerah, yang terbukti dengan serangan kedua ke Batavia setelah kegagalan serangan pertama, dengan persiapan yang lebih matang walaupun juga mengalami kegagalan karena serangannya diketahui oleh pihak VOC. Ini menunjukkan sifat pantang menyerah untuk memperbaiki kegagalan.
Pada saat itu, atas jasa- jasanya sebagai pejuang dan budayawan, Sultan Agung telah ditetapkan menjadi pahlawan nasional Indonesia. Berdasarkan No 106/TK/1975 pada tanggal 3 November 1975.
Ayo Renungkan
Hal baik apa yang kamu peroleh saat bekerja sama pada kegiatan percobaan?
Kerja sama memupuk kebersamaan dan membuat pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.
Apa yang menjadi hambatan ketika bekerja sama?
Ada anggota kelompok yang kurang aktif dalam kerja sama.
Bagaimana cara kamu mengatasi hambatan itu?
Caranya adalah dengan mengajak anggota yang lain untuk aktif dalam kegiatan percobaan,

Kerja Sama dengan Orang Tua
Ceritakan perjuangan Sultan Agung kepada orang tuamu dan sampaikan pula  alasan kamu bangga kepada beliau. Kamu bisa bertanya kepada mereka pahlawan yang menjadi kebanggaan  mereka. Ceritakan hasil diskusi dengan orang tua kepada temanmu di sekolah

2 komentar:

  1. Sangaatt mantap cocok untuk dijadikan edukasi, nah jika anda mengadakan edukasi dan membutuhkan proyektor maka anda bisa sewa di sewa Infocus terdekat yang terpercya dan terjamin

    BalasHapus